Berita

15 Pasang Calon Pengantin Ikuti Bimbingan di KUA Tanralili

Kamis, 23 Pebruari 2023 18:58 WIB
  • Share this on:

Tanralili (Humas Maros)-KUA Kecamatan Tanralili kembali menggelar Bimbingan Perkawinan (Bimwin) bagi 15 pasang calon pengantin (Catin) se-Kecamatan Tanralili yang akan melangsungkan pernikahan hingga akhir pekan depan. Bimwin digelar di Aula KUA Kecamatan Tanralili, Kamis (23/02/2023). Kegiatan Bimwin ini menghadirkan pemateri lintas sektoral antara lain: penyuluh agama Kemenag Maros, tenaga teknis Puskesmas Tanralili, dan koordinator BKKBN Tanralili.

Kegiatan yang rencananya berlangsung selama dua hari hingga Jumat besok ini diawali dengan materi pre tes, perkenalan, pengutaraan harapan dan kontrak belajar yang dipandu oleh Hasir Tappa, Penyuluh Agama KUA Kecamatan Tanralili. 

​​​​​

Selanjutnya, Kepala KUA Kecamatan Tanralili, Saharuddin saat membuka acara menyebut, jika pasangan catin mencukupi kuota pelaksanaan Bimwin minimal 15 pasang, maka dilaksanakan di KUA. Saharuddin berharap agar para peserta mengikuti dengan baik materi selama dua hari ini sebagai bekal pengetahuan untuk mengarungi kehidupan rumah tangga.

“Melalui Bimwin ini, calon pengantin bisa memiliki pengetahuan bagaimana mengelola rumah tangga nantinya yang penuh liku dan ada pasang surutnya. Kalian akan didampingi oleh fasilitator yang sudah dilatih, ada dari Kemenag dan juga dari Dinas Kesehatan. Jadi di sini tempatnya untuk sharing, setelah materi ada diskusi,” ucap Saharuddin di hadapan pasangan calon pengantin.

Saharuddin menambahkan, kegiatan Bimwin ini sangat penting untuk menanamkan pemahaman kepada calon pengantin: unsur dalam pernikahan dan bagaimana menjalankan tugas dan tanggung jawab. Saharuddin berharap Bimwin bisa berperan mencegah dan mengatasi angka perceraian yang secara umum cenderung meningkat.

Materi Bimwin hari pertama meliputi perkenalan, harapan kontrak belajar, mempersiapkan keluarga sakinah, memenuhi kebutuhan dan mengelola keuangan keluarga, dan menjaga kesehatan reproduksi. 

Mengelola psikologi dan dinamika keluarga diantarkan oleh Hasir Tappa. Sementara materi menjaga kesehatan reproduksi oleh Supriantini, Koordinator Bidan Puskesmas Kecamatan Tanralili. 

Sementara untuk hari kedua, akan diisi materi mempersiapkan Generasi Berkualitas oleh Haslinda, selaku Koordinator BKKBN Kecamatan Tanralili. Untuk materi mengelola psikologi dan dinamika keluarga akan dibawakan oleh Muhammad Yahya. 

Kegiatan Bimwin ini diantarkan dengan model ceramah, tanya jawab diskusi kelompok dan games dan diakhiri dengan evaluasi.

Reporter: Dalfa

Editor: Ulya Sunani 

Editor:
Ulya Sunani
Kontributor:
Musdalfa
Fotografer:
Musdalfa

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Kontingen Kemenag Maros saat Defile pembukaan HAB TK. Prov. Sulsel di Kab. Pangkep
  • Stand Expo HAB TK. Prov. Sulsel
  • DIRGAHAYU KORPRI 29 November 2023
  • Selamat Hari Guru Nasional 2023
  • Penyerahan Sertifikat Tanah Kantor Kemenag Maros oleh Pj. Gubernur Sulawesi Selatan