Berita

Kepala KUA Mandai Hadiri Apel Tolak Paham Radikal, Berikut Lima Poin Deklarasi

Senin, 30 Januari 2023 12:47 WIB
  • Share this on:

Maros (Humas Maros)-Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Maros menggelar apel deklarasi tolak paham radikal. Sebanyak 82 organisasi, Forkopimda, Forkopincam, dan para kepala desa hadir, termasuk jajaran KUA Mandai dan 13 Kepala KUA di Kabupaten Maros.

Apel yang diinisiasi oleh GP Ansor Maros ini dipimpin langsung Bupati Maros Chaidir Syam, dan berlangsung di Lapangan Pallantikang Maros, Senin (30/1/2023).

Kepala KUA Kecamatan Mandai, Mustafa yang hadir bersama para penyuluh agama menyatakan komitmen siap melakukan pencegahan.

“Bersama penyuluh agama, kami siap melakukan upaya pencegahan gerakan dan paham radikal yang mengajarkan kekerasan untuk memecah belah persatuan bangsa. Karena, hal ini membahayakan bangsa, negara dan kemanusiaan”.

Berikut lima poin deklarasi tolak paham radikal di Kabupaten Maros:

Demi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang rukun dan damai, maka kami Pemerintah Daerah dan masyarakat Maros menyatakan:

1. Mendukung tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasar Pancasila, UUD 1945, dan semangat Bhineka Tunggal Ika.

2. Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan keagamaan demi persatuan dan kesatuan bangsa.

3. Menolak organisasi dan aktivitas yang berorientasi atau berafiliasi dengan gerakan radikalisme, terorisme atau organisasi kemasyarakatan/politik yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945 dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

4. Mengajak seluruh komponen bangsa untuk melakukan upaya pencegahan penyebaran paham atau gerakan radikalisme, terorisme atau ideologi yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

5. Mendukung TNI dan Polri bertindak tegas sesuai aturan terhadap pihak-pihak yang merusak persatuan, merongrong NKRI, dan mencederai kerukunan, kedamaian masyarakat, demi Maros yang keren.

Reporter: Nurdalia

Editor: Ulya Sunani

Editor:
Ulya Sunani
Fotografer:
Nurdalia

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Kontingen Kemenag Maros saat Defile pembukaan HAB TK. Prov. Sulsel di Kab. Pangkep
  • Stand Expo HAB TK. Prov. Sulsel
  • DIRGAHAYU KORPRI 29 November 2023
  • Selamat Hari Guru Nasional 2023
  • Penyerahan Sertifikat Tanah Kantor Kemenag Maros oleh Pj. Gubernur Sulawesi Selatan