Berita

KKG PAI SD se-Kecamatan Tanralili, Kembangkan Pembelajaran BTQ Metode Dirosah

Selasa, 7 Pebruari 2023 10:30 WIB
  • Share this on:

Tanralili (Humas Maros)-Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) tingkat SD sekecamatan Tanralili melaksanakan kegiatan rutin yaitu KKG yang bertempat di Pusat Kegiatan Guru (PKG) Kecamatan Tanralili, Selasa (7/2/2023).

Kegiatan KKG ini diikuti oleh seluruh guru PAI Kecamatan Tanralili dan dihadiri oleh Pengawas PAI Kementerian Agama kabupaten Maros, Asgar.

Adapun materi KKG yaitu peningkatan kompetensi guru dalam pembelajaran BTQ dengan metode  dirosah yang disampaikan langsung oleh Syahrullah, salah satu GPAI di Kecamatan Lau.

Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi guru dalam penguasaan metode-metode pembelajaran Alquran untuk tingkat anak-anak terutama yang ada di SD. Hal ini merupakan persiapan bagi GPAI untuk pelaksanaan  program yang akan dilaksanakan pada tingkat satuan pendidikan masing-masing yaitu Tuntas Baca Tulisan Al-Qur’an (TBTQ).

Program penguatan TBTQ sendiri lahir sebagai bentuk keprihatinan masih banyaknya peserta didik pada tingkat SD maupun SMP yang belum tuntas bacaan Al-Qur’an. Berdasarkan hasil tes  yang dilaksanakan setiap tahun, jika diukur berdasarkan standar minimal maka masih ada sekitar 50 persen peserta didik yang ada di tingkat SD maupun SMP yang belum tuntas bacaan Al-Qur’annya.

Pada kesempatan ini, Pengawas PAI Kecamatan Tanralili Asgar, juga menyampaikan pesan untuk mengefektifkan waktu pertemuan di KKG sesuai dengan jam efektif sebagai seorang ASN sehingga materi-materi yang sudah diprogramkan bisa dibahas secara tuntas.

Pada kesempatan itu juga dibahas program lanjutan pembinaan baca Al-Qur’an untuk guru-guru PAI. “Insya Allah, direncanakan akan ada bimbingan baca Al-Qur’an bagi guru-guru secara online sekali seminggu yang akan dibimbing oleh teman-teman GPAI yang memiliki bacaan Alquran yang baik,” tutupnya.

Reporter: Asgar

Editor: Ulya Sunani

Editor:
Ulya Sunani

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Kontingen Kemenag Maros saat Defile pembukaan HAB TK. Prov. Sulsel di Kab. Pangkep
  • Stand Expo HAB TK. Prov. Sulsel
  • DIRGAHAYU KORPRI 29 November 2023
  • Selamat Hari Guru Nasional 2023
  • Penyerahan Sertifikat Tanah Kantor Kemenag Maros oleh Pj. Gubernur Sulawesi Selatan