Berita

KUA Mandai Sinergi Baznas Maros Sosialisasi Gemar Berzakat

Jumat, 24 Pebruari 2023 10:56 WIB
  • Share this on:

Mandai (Humas Maros)-Potensi zakat infak dan sedekah Kecamatan Mandai cukup besar, oleh karena itu potensi ini bisa sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menggalinya, KUA Mandai bersinergi dengan Baznas Kabupaten Maros menggelar sosialisasi berzakat pada Kamis (16/2/2023).

Kegiatan dihadiri oleh 250 peserta dari anggota majelis taklim BKMT, BKMM, dan juga dari AMTI.  Bersama Penyuluh Agama Islam KUA Mandai para anggota majelis taklim ini membahas problematika pengelolaan ZIS, membangun kerja sama untuk memaksimalkan potensi zakat.

Dalam sosialisasi, Muhajir staf Baznas Maros menjelaskan delapan Asnaf yang merupakan penerima manfaat zakat berdasarkan surat At-Taubah ayat 60. Pertama fakir; mereka yang hampir tidak memiliki apa-apa sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok hidup.

Kedua, miskin; mereka yang memiliki harta namun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar untuk hidup. Ketiga, amil; mereka yang mengumpulkan dan mendistribusikan zakat.

Keempat, mu’allaf; mereka yang baru masuk Islam dan membutuhkan bantuan untuk menguatkan dalam tauhid dan syariah. Kelima, hamba sahaya; budak yang ingin memerdekakan dirinya. Keenam gharimin; mereka yang berhutang untuk kebutuhan hidup dalam mempertahankan jiwa dan izzahnya.

“Penerima ketujuh, fisabilillah; mereka yang berjuang di jalan Allah dalam bentuk kegiatan dakwah, jihad dan sebagainya. Sedangkan kategori penerima kedelapan yakni ibnus sabil; mereka yang kehabisan biaya di perjalanan dalam ketaatan kepada Allah”, urai Muhajir.

Reporter: Nurdalia

Editor: Ulya Sunani

Editor:
Ulya Sunani
Kontributor:
Nurdalia
Fotografer:
Nurdalia

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Kontingen Kemenag Maros saat Defile pembukaan HAB TK. Prov. Sulsel di Kab. Pangkep
  • Stand Expo HAB TK. Prov. Sulsel
  • DIRGAHAYU KORPRI 29 November 2023
  • Selamat Hari Guru Nasional 2023
  • Penyerahan Sertifikat Tanah Kantor Kemenag Maros oleh Pj. Gubernur Sulawesi Selatan