Berita

MAN PK Kota Makassar Sosialisasi SNPDB di MTsN 2 Maros

Selasa, 7 Pebruari 2023 09:51 WIB
  • Share this on:

Maros (Humas Maros)-Tim Sosialisasi Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri Program Khusus (MAN PK) atau Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Kota Makassar mengunjungi Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Maros (MTsN 2 Maros) untuk melakukan SNPDB tahun pelajaran 2023/2024, Rabu (06/02/23) di Ruang Pertemuan MTsN 2 Maros.

Kegiatan sosialisasi diikuti oleh seluruh siswa kelas IX dari kelas IX A s.d IX D yang berlangsung selama satu jam mulai pukul 13.00 WITA – 14. WITA.

Tim yang diketuai oleh Syahrir Nuhun, menerangkan maksud kedatangan kepada siswa kelas IX yang hadir dalam sosialisasi . “Kami datang dengan dua tujuan yaitu tujuan umum untuk mengenalkan anak-anak semua apa dan bagaimana MAN PK itu dan tujuan khususnya adalah melakukan sosialisasi pendaftaran SNPDB MAN PK,” ujarnya.

Para siswa cukup antusias dalam mengikuti kegiatan ini dengan hadirnya beberapa pertanyaan dari siswa. “Berapa biaya pendaftarannya ustadz kalau mau daftar di MAN-PK?,” Tanya Aliyah Syahirah siswi kelas IX A.

Pertanyaan ini dijawab salah satu anggota tim tidak dipungut biaya alias gratis.

Lebih lanjut sosialisasi ini juga bertujuan untuk menjaring calon peserta didik yang berpotensi serta mengenalkan lebih dekat MAN PK Kota Makassar yang merupakan salah satu madrasah dari 10 MAN PK di Seluruh Indonesia.

MAN PK sendiri merupakan program peminatan unggulan nasional dalam bidang keagamaan berbasis asrama, dengan penekanan pada kurikulum keagamaan yang padat serta penekanan pada penguasaan Bahasa Arab dan Inggris yang saat ini dinilai berhasil menghasilkan lulusan yang berwawasan ke-Islaman, ke-Indonesiaan, dan ke-modernan yang baik (berkualitas).

Jalur seleksi SNPDB-MAN PK tahun pelajaran 2023/2024 terdiri dari jalur tes dan jalur prestasi, jalur tes diselenggarakan bagi siswa terbaik lulusan MTs/SMP negeri dan swasta yang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, sedangkan jalur prestasi (non-tes) dengan kuota paling banyak 20% bagi siswa terbaik lulusan MTs/SMP yang memiliki prestasi di bidang keagamaan.

Adapun prestasi dimaksud seperti juara 1,2 dan 3 tingkat provinsi MTQ, MQK, MYRES, KSM, dan/atau memiliki hapalan Al-Quran minimal 15 juz.

Sementara itu pendaftaran (online) jalur tes telah dibuka sejak tanggal 9 Januari s.d 14 Februari 2023 sedangkan  pendaftaran (online) jalur prestasi dari tanggal 9 Januari s.d 11 Februari 2023.

Wakamad Kesiswaan Normawati, berterima kasih kepada tim sosialisasi SNPDB MAN PK yang telah melaksanakan sosialisasi di MTsN 2 Maros sehingga siswa dapat mengenal lebih dekat MAN PK. “Kami ucapkan terimakasih atas kunjungan tim Sosialisasi MAN-PK di sekolah kami dan semoga ada diantara siswa MTsN 2 Maros yang melanjutkan ke MAN-PK,” harapnya.

Reporter: Harisman

Editor: Ulya Sunani

Editor:
Ulya Sunani
Kontributor:
Harisman
Fotografer:
Harisman

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Kontingen Kemenag Maros saat Defile pembukaan HAB TK. Prov. Sulsel di Kab. Pangkep
  • Stand Expo HAB TK. Prov. Sulsel
  • DIRGAHAYU KORPRI 29 November 2023
  • Selamat Hari Guru Nasional 2023
  • Penyerahan Sertifikat Tanah Kantor Kemenag Maros oleh Pj. Gubernur Sulawesi Selatan