Berita

Pembukaan KSM Provinsi, Kemenag Maros Kerja Sama dengan IAIN Parepare

Rabu, 31 Juli 2024 18:08 WIB
  • Share this on:

Parapare (Humas Maros)-Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan resmi dibuka di auditorium IAIN Pare-pare, Rabu (31/7/2024).

​​​​​​

Di sela seremoni, IAIN Pare-pare menjalin kerja sama dengan Kemenag kabupaten kota se-Sulawesi Selatan, termasuk dengan Kemenag Maros. Momen ini, di panggung utama, Kepala Kantor Kemenag Maros H. Muhammad dan Rektor IAIN Pare-pare Prof. Hannani, masing-masing membubuhkan tanda tangan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan (Kakanwil Kemenag Maros) H. Muh. Tonang, menyampaikan bahwa kerja sama ini, merupakan bentuk kolaborasi, sinergi layanan pendidikan dan keagamaan.

“Selama ini layanan ini kita sering berbeda, KKN UIN/IAIN misalnya, ngumpulnya masih di kantor camat. Bukan di lembaga-lembaga pendidikan keagamaan. Kedua, belum maksimalnya di madrasah, pendidikan madrasah ini kan berkelanjutan: MI, MTs, dan MA. Kerja sama ini, supaya seluruh indeks layanan pendidikan keagamaan kita, bisa terukur.

“Kerja sama ini, kaitannya dengan percepatan program prioritas Kemenag. Moderasi beragama, harus menjadi nafas kita bersama terutama dari kampus.

“Selanjutnya, harus ada peningkatan kompetensi di madrasah. Guru bisa S2, IAIN Parepare, kata Pak Rektor tadi ada diskon lanjut kuliah di sini.

“Madrasah juga, harus aman dan nyaman. Tentu, kaitannya dengan sikap bullying, sikap intoleran dan sebagainya. Madrasah juga, harus setara dan berbagi. Makanya, KSM kita laksanakan di Parepare, tidak selalu di Makassar berkegiatan,” jelas Kakanwil H. Muh. Tonang.

Sebelumnya, terkait KSM, ketua panitia yang juga merupakan Plt. Kabid Penmad Kanwil Kemenag Sulsel Abdul Gaffar, melaporkan bahwa jumlah peserta berasal dari madrasah se-Sulawesi Selatan. “Ada 458 siswa dan 103 regu. Semoga bisa menghasilkan juara yang tampil di level nasional.”

Selanjutnya, Rektor IAIN Parepare Prof. Hannani, berharap even KSM, “semoga kualitasnya semakin meningkat.” Kemudian, Prof. Hannani menyampaikan harapan, atensi kepada para siswa untuk bisa melanjutkan pendidikan di IAIN Parepare.

Rektor UIN Alauiddin Prof. Hamdan Juhannis, menyampaikan bahwa KSM merupakan pencapaian, pencerahan dan prestasi. “Belajarlah dari Parepare; ini kota cita dan cinta. Belajar kepada sosok Habibie dalam meraih cita dan cinta. Kedua, Belajarlah pada madrasah, karena madrasah sudah menjadi contoh terbaik di negeri ini. Sekolah lanjutan terbaik se-Indonesia, itu madrasah.

“Ketiga, belajarlah pada IAIN Parepare, yang menempuh segala cara supaya bisa menambah mahasiswa,” ucap Prof. Hamdan disambut tepuk tangan dan tawa hadirin di auditorium.

Kemudian, Prof Hamdan menyampaikan komitmen pengembangan pendidikan keagamaan, terutama bagi madrasah. “Juara 1 KSM akan saya terima di UIN Alauddin, dengan jaminan beasiswa, pilih jurusan mana saja, selain kedokteran, informatika dan farmasi. Sertifikat KSM, lulus, jaminan mahasiswa,” riuh tepuk tangan menyertai pernyataan ini.

“Kalau ingin sukses, beranilah melawan takdir,” tutup Prof. Hamdan. (Ulya)

Editor:
Ulya Sunani

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Kontingen Kemenag Maros saat Defile pembukaan HAB TK. Prov. Sulsel di Kab. Pangkep
  • Stand Expo HAB TK. Prov. Sulsel
  • DIRGAHAYU KORPRI 29 November 2023
  • Selamat Hari Guru Nasional 2023
  • Penyerahan Sertifikat Tanah Kantor Kemenag Maros oleh Pj. Gubernur Sulawesi Selatan