Berita

Pramuka MTsN 2 Maros Lantik Anggota Baru dengan Prosesi Adat Passili

Sabtu, 7 September 2024 12:04 WIB
  • Share this on:

Maros (Humas Maros)-Pramuka Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Maros kembali menyelenggarakan upacara pelantikan anggota baru yang berlangsung dengan prosesi adat passili. Kegiatan berlangsung di halaman madrasah, Jum’at, (6/9/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh para siswa kelas VII yang telah menyelesaikan tahap pendidikan dasar kepramukaan selama beberapa bulan terakhir.

Acara ini diawali dengan upacara resmi Pramuka, diikuti dengan pengucapan ikrar dan janji Pramuka oleh calon anggota baru. Bertindak sebagai pembina upacara Wakamad Kurikukulum, Hj. Sitti Marhumah. Dalam sambutannya, menekankan pentingnya semangat kepramukaan dalam membangun karakter dan religiusitas siswa.

“Sebagai bagian dari pendidikan karakter di MTsN 2 Maros, kami sangat menekankan pentingnya penerapan Dasa Darma Pramuka, terutama pada poin pertama: Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Salah satu wujud nyata dari implementasi nilai ini adalah dengan memastikan bahwa seluruh siswa, khususnya anggota Pramuka, selalu menjaga shalat lima waktu,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa sebagai sekolah berbasis agama, MTsN 2 Maros memiliki tanggung jawab untuk tidak hanya membekali siswa dengan pengetahuan akademis, tetapi juga menguatkan spiritualitas mereka.

“Shalat lima waktu merupakan fondasi penting dalam pembinaan iman dan ketakwaan. Kami selalu mengingatkan para siswa untuk senantiasa melaksanakan kewajiban shalat, baik di sekolah maupun di rumah,” lanjutnya.

Dengan pelantikan ini, diharapkan para anggota Pramuka MTsN 2 Maros dapat terus berkembang dalam semangat kepramukaan dan memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan masyarakat.

Sementara itu Kepala MTsN 2 Maros yang sedang mengikuti kegiatan KSM Nasional di Ternate, menyampaikan komitmennya dalam mendukung partisipasi madrasah dalam event-event pramuka, setelah beberapa tahun terakhir tidak mengikuti berbagai lomba. Beliau menegaskan pentingnya keikutsertaan dalam kegiatan pramuka sebagai bagian dari pengembangan karakter dan membangun kembali semangat kompetitif siswa.

“Setelah beberapa tahun terakhir MTsN 2 Maros absen dalam berbagai lomba pramuka, kami menyadari betapa pentingnya peran serta dalam kegiatan ini. Pramuka adalah sarana yang sangat baik untuk mengembangkan keterampilan hidup, membangun kepemimpinan, dan menanamkan nilai-nilai disiplin serta kerja sama tim pada siswa,” ujarnya melalui pesan singkat WhatsApp.

Reporter: Harisman

Editor: Ulya Sunani

Editor:
Ulya Sunani
Kontributor:
Harisman

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Kontingen Kemenag Maros saat Defile pembukaan HAB TK. Prov. Sulsel di Kab. Pangkep
  • Stand Expo HAB TK. Prov. Sulsel
  • DIRGAHAYU KORPRI 29 November 2023
  • Selamat Hari Guru Nasional 2023
  • Penyerahan Sertifikat Tanah Kantor Kemenag Maros oleh Pj. Gubernur Sulawesi Selatan