Berita

RA Dharma Wanita Agama Maros Raih Dua Juara 'Sulawesi Open Marching Band Championship’

Minggu, 5 Maret 2023 17:52 WIB
  • Share this on:

Makassar (Humas Maros)-Untuk kedua kalinya, RA Dharma Wanita Agama Kabupaten Maros mengikuti lomba Sulawesi Open Marching Band Championship VI 2023 se-Indonesia Timur. Kegiatan berlangsung di GOR Sudiang Makassar, Minggu, (5/3/2023).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bahana Percussion Indonesia (BPI) Yogyakarta. Dalam lomba terdapat beberapa klasifikasi peserta di antaranya: lomba konser dan lomba display. Lomba konser terdiri dari: klasemen pra mandiri dasar, mandiri dasar, klasemen lanjutan, divisi TK utama, dan klasemen konser junior SD/MI/Sederajat. Lomba display terdiri dari: klasemen display junior SD/MI/Sederajat dan klasemen display Junior SMP/SMA/Sederajat. 

Nama unit drum band RA Dharma Wanita Agama yaitu Citra Dharma Wanita di bawah pimpinan/penanggung jawab: Hasni dan 5 guru pendamping. Dalam lomba ini yang bertugas memimpin barisan atau Field Commander yaitu Azka Zainah Sunusi dengan Mayoret I: Mufida Ayunda Putri M dan Mayoret II: Nurhafizah Ribani. Dengan alat musik Marching Bell berjumlah 2 orang, Bass Drum 2 orang, Bass Trio 1 orang, Snare 21 orang dan bendera atau colorguard berjumlah 15 orang. Total peserta lomba 44 orang.

Hasil technical meeting lomba unit Drum Band RA Dharma Wanita Agama mendapatkan urutan penampilan pertama dari total peserta 18 unit drumband. Waktu penampilan berdurasi maksimal 10 menit dengan lagu pertama Assalamualaikum, lagu kedua Shalawat, dan di akhiri dengan yel-yel khas dari RA Dharma Wanita Agama. 

Atas penampilan ini, Drum Banda RA Dharma Wanita Agama meraih juara I untuk kategori analisis musik melodis dan juara II kategori analisa musik ritmis.

Proses latihan memberikan banyak pembelajaran. Jika sejak dini anak-anak bergabung di grup marching band, sejumlah karakter positif bisa terbangun darinya. Marching band mengajarkan kedisiplinan, kebersamaan, kesabaran. Yang ikut marching band punya kebanggaan. Otaknya juga pintar karena merangsang koordinasi otak saat latihan. 

Reporter: Titin

Editor: Ulya Sunani 

Editor:
Ulya Sunani
Kontributor:
Titin
Fotografer:
Titin

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Kontingen Kemenag Maros saat Defile pembukaan HAB TK. Prov. Sulsel di Kab. Pangkep
  • Stand Expo HAB TK. Prov. Sulsel
  • DIRGAHAYU KORPRI 29 November 2023
  • Selamat Hari Guru Nasional 2023
  • Penyerahan Sertifikat Tanah Kantor Kemenag Maros oleh Pj. Gubernur Sulawesi Selatan