Berita

Sinergitas KUA Mandai dan Koordinator KB Sosialisasi Aplikasi Elsimil bagi Calon Pengantin

Jumat, 24 Pebruari 2023 10:55 WIB
  • Share this on:

Mandai (Humas Maros)-Tindak lanjut hasil zoom penguatan kebijakan pemeriksaan kesehatan bagi calon pengantin, KUA Kecamatan Mandai gencar sosialisasi. Kegiatan menyasar tokoh masyarakat, majelis taklim dan organisasi kepemudaan.

Sebelumnya, KUA Mandai telah melaksanakan kerja sama dengan koordianator KB Kecamatan Mandai yang disaksikan Forkopincam. Dan sejak penandatanganan kerja sama pada Maret 2022 lalu, kerja-kerja bersama telah berjalan dengan efektif.

Aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil (Elsimil) merupakan aplikasi yang diperuntukkan kepada calon pengantin sebagai salah satu persyaratan administrasi yang harus dipenuhi untuk melanjutkan ke proses pernikahan.

Hal ini dijelaskan Kepala KUA Mandai Mustafa, saat kegiatan sosialisasi di Aula KUA Mandai, Selasa (21/2/2023). Hadir pula saat kegiatan angota Polsek Mandai.

Lebih lanjut, Mustafa menjelaskan bahwa tiga bulan sebelum pendaftar nikah dan pendampingan, bagi calon pengantin sudah wajib mengisi aplikasi Elsimil. Menurutnya, hal ini merupakan implementasi kerja sama BKKBN dalam hal ini Koordinator KB Kecamatan Mandai dan peran serta penghulu serta penyuluh agama dalam pencegahan nikah anak dan stunting.

Dari Koordintor KB Kecamatan Mandai Hasnaida, menjelaskan bahwa aplikasi Elsimil ini diharapkan dapat membantu tugas dari tim pendamping keluarga dalam mendeteksi risiko stunting. “Semenjak dari sebelum pernikahan, sehingga tujuan akhirnya adalah angka stunting khususnya di wilayah Mandai dapat ditekan”.

“Pencatatan dan pelaporan terkait pemeriksaan kesehatan calon pengantin merupakan bahan pendampingan tim pendamping leluarga sampai dengan pascapersalinan”, tutupnya.

Reporter: Nurdalia

Editor: Ulya Sunani

Editor:
Ulya Sunani
Kontributor:
Nurdalia
Fotografer:
Nurdalia

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Kontingen Kemenag Maros saat Defile pembukaan HAB TK. Prov. Sulsel di Kab. Pangkep
  • Stand Expo HAB TK. Prov. Sulsel
  • DIRGAHAYU KORPRI 29 November 2023
  • Selamat Hari Guru Nasional 2023
  • Penyerahan Sertifikat Tanah Kantor Kemenag Maros oleh Pj. Gubernur Sulawesi Selatan