Berita

Termasuk Lansia, Kuota Haji Kabupaten Maros Tahun 2023 Sebanyak 303 Jamaah

Rabu, 8 Maret 2023 15:07 WIB
  • Share this on:

Maros (Humas Maros)-Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) telah menetapkan kuota haji kabupaten/kota di Sulsel tahun 2023. Tertera dalam Keputusan Gubernur Sulsel Nomor: 572/III/2023, bahwa kuota haji Kabupaten Maros sebanyak 295 orang. Namun jumlah ini belum termasuk calon jamaah Lanjut usia (Lansia) yang menjadi penambah jumlah kuota untuk masing-masing kabupaten/kota.

Terkait penetapan kuota untuk Kabupaten Maros, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Maros Muhammad, bersyukur dan menyampaikan komitmen pelayanan terbaik untuk jamaah haji.

“Kami sangat bersyukur, Kabupaten Maros pada musim haji tahun 2023 M/1444 H ini mendapatkan kuota sebanyak 303 orang. Dari jumlah tersebut terdapat 8 orang yang sudah lansia,” terang Kakankemenag Muhammad, Rabu (8/3/2022). 

“Atas penetapan ini Kementerian Agama Kabupaten Maros bersama dengan Pemerintah Kabupaten Maros akan memberikan layanan terbaik. Khususnya pada saat keberangkatan dan kepulangan di Asrama Haji Sudiang Makassar, dan terkhusus lagi kepada para Lansia”. 

“Komitmen kami adalah layani tamu Allah dengan sepenuh jati dan ramah Lansia untuk haji yang mabrur,” tegas Kakankemenag Muhammad.

Kemudian, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Maros, Ahmad Ihyaddin menjelaskan lebih detail terkait kuota haji Kabupaten Maros.

“Terkait kuota Kabupaten Maros untuk tahun 2023, sebanyak 295 orang. Ini memang agak berkurang dari tahun sebelumnya sebanyak 309 orang, karena pada tahun ini, kuota lansia itu sebanyak 5 persen dan itu dibagi berdasarkan urutan tertua tingkat Provinsi Sulsel”. 

“Terkait data jamaah haji lansia untuk Kabupaten Maros, data estimasi awal yang kami terima dari Bidang PHU Kanwil Kemenag Sulsel, itu sebanyak 8 orang. Jadi jika ditambahkan dengan kuota normal berdasarkan SK kuota haji sebanyak 295 orang, maka jumlah kuota jamaah haji untuk Kabupaten Maros tahun 2023 total keseluruhan sebanyak 303 orang,” jelas Ahmad Ihyaddin.

“Informasi awal, khusus untuk Kabupaten Maros, Terkait dokumen-dokumen jamaah, itu telah siap di Seksi PHU Kantor Kemenag Maros. Bahkan sebahagian besar, jamaah haji Kabupaten Maros telah melakukan penerbitan pasport. Dan sebanyak 160 paspor jamaah haji Kabupaten Maros telah kami serahkan ke Bidang PHU Kanwil Kemenag Sulsel untuk diproses lebih lanjut. Dan 106 jamaah haji tahun 2023 paspornya juga sudah selesai di Kantor Imigrasi Makassar”.

Terkait hal teknis pelaksanaan haji nantinya, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Maros, Ahmad Ihyaddin menjelaskan bahwa bersama seluruh jajaran dirinya siap menyukseskan penyelenggaraan haji tahun 2023 di Kabupaten Maros.

“Dengan adanya ketatapan kuota haji tahun 2023 ini, Seksi PHU bersyukur dan insyaallah semua hal-hal teknis, yang terkait dengan penyelenggaraan haji tahun 2023, kami siap menyukseskan dan menyelenggarakan hal teknis yang telah ditetapkan pemerintah,” tutupnya. (Ulya)

Editor:
Ulya Sunani

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Kontingen Kemenag Maros saat Defile pembukaan HAB TK. Prov. Sulsel di Kab. Pangkep
  • Stand Expo HAB TK. Prov. Sulsel
  • DIRGAHAYU KORPRI 29 November 2023
  • Selamat Hari Guru Nasional 2023
  • Penyerahan Sertifikat Tanah Kantor Kemenag Maros oleh Pj. Gubernur Sulawesi Selatan